Makna dari lagu Hey Jude

 


Hey Jude adalah salah satu lagu The Beatles yang paling terkenal dan telah menginspirasi banyak orang selama beberapa dekade. Lagu ini ditulis oleh Paul McCartney (bassis Beatles) dan secara khusus ditujukan kepada putra John Lennon, Julian. Kita tahu bahwa pada saat itu, Julianne terus-menerus sedih dengan perceraian ayahnya John Lennon dan ibunya Cynthia.

Dalam bukunya, Paul McCartney mengungkapkan "Saya mulai dengan ide, 'Hey Juels', yaitu Julian, dont make it bad, take a sad song and make it better'. Dari situ dapat disimpulkan bahwa makna kata ‘jude’ pada lagu ini adalah plesetan dari ‘Julian’ yang merupakan nama dari anak John Lenon.

Lewat lagu ini Paul McCartney ingin menghibur Julian agar bangkit dan tidak bersedih akibat dari perceraian kedua orang tuanya dan menganggap semuanya akan tetap baik-baik saja.


Tentu saja, lagu ini bukan hanya tentang Julian, ini untuk semua pendengar setia  The Beatles yang seperti Julian, telah mengalami kehidupan yang sulit. Lagu "Hey Jude" seolah ingin menyampaikan pesan kepada pendengarnya untuk tetap tegar, tetap bahagia, dan tentunya tetap positif, meski menghadapi kehidupan yang sangat rumit.

Namun demikian, arti dari "Hei Jude" disalahpahami dan menyebabkan sejumlah kontroversial. Saya telah menulis. "Jude" dapat berarti Yahudi jika diartikan dalam bahasa Jerman. Karena itu, lagu ini juga sempat menyinggung orang-orang dari kaum Yahudi.

Julian adalah putra tertua dari penyanyi Beatles, John Lennon dan istri pertamanya Cynthia. Pasangan itu kemudian bercerai karena John Lennon berselingkuh dengan Yoko Ono. Julian yang mengetahui fakta itu kemudian menjadi terus-menerus bersedih. Itu sebabnya Paul McCartney menulis lagu ini sebagai lagu yang menghibur untuk Julian.

Di lirik Hey Jude dont be afraid, " Paul juga berusaha menasihati Juian untuk tidak menakuti Yoko Ono. Karena semua sudah terjadi dan tidak dapat diubah, maafkan saja semuanya agar menjadi lebih mudah, sehingga hidup Julian bisa kembali tenang  dan bisa memperbaiki hidupnya lagi.

Sangat sulit untuk menekan dan menahan emosi atau mencoba melakukan semuanya sendiri. Akibatnya, itu bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, pikiran, dan jiwa kita termasuk kesehatan mental.

Jude harus menghindari semua itu. Lirik "dont carry the world upon your shoulders" menjelaskan kalau Paul McCartney mencoba menasihati Jude/Julian untuk berbagi kesedihan mereka. Jadi, jangan mencoba menanggung rasa sakit sendirian. Karena jika Julian membawanya sendiri, dia pasti tidak akan kuat.

Paul McCartney juga mencoba mengingatkan Julian untuk tidak mengecewakannya dan belajar dari semua nasihat yang diberikan Paul seperti isi dari lirik – lirik lagu ini.

Kalimat "Na na na na na" ” yang terus diucap pada kebanyakan bagian lagu, Ini bisa saja mengartikan sukacita. Artinya dalam hidup ini, meski hidup kita terkadang pahit,The Beatles  mengatakan sama bahagianya dan tetap ceria seperti lagu nanana.

Kesimpulan makna dari lirik Lagu Hey Juda


Sebagai kesimpulan, setelah memahami seluruh lirik lagu tersebut, bahwa lagu "Hey Jude" adalah lagu spesial yang sengaja diciptakan oleh Paul McCartney (Pemain bass The Beatles) untuk menyemangati putra John Lennon, Julian. Kita tahu bahwa pada saat itu, Julian terus-menerus bersedih dikarenakan dari perceraian ayahnya, John Lennon, dan ibunya, Cynthia.

Jadi melalui lagu ini, Paul McCartney berusaha menghibur Julian yang sedang bersedih. Julian yang terus bersedih karena perceraian dari kedua orang tuanya agar bisa bangun dan tatap masa depan. Karena semuanya akan baik-baik saja.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Lagu Chrisye yang Tak Lekang Oleh Zaman, Bikin Nostalgia Mulu

Lirik dan Makna lagu Gereja Tua- Panbers

7 Lagu Nike Ardilla Terpopuler